Indonesia Flag Orb Rey Infoz.Com: Manfaat buah Sawo

Kamis, 06 Desember 2012

Manfaat buah Sawo


Uupzz ketemu maning Son..hehe.. okeh pada pertemuan kali ini Mas Rey mau sharing khasiat dari si mungil manis "sawo" ,mudah2an bermanfaat buat para sobat bloger, adhe2ku dan siapa aja yang membaca artikel ini ,dari yang baru mbrojol ke bumi sampai yang udah bau tanah...hehe khususnya teh Lina yang udah request,, octre langsung aja kita intip di TKP ...
 



Sawo adalah salah satu diantara 14 jenis buah yang hampir punah di Indonesia, padahal manfaat buah sawo sangatlah banyak, terutama untuk kesehatan.


Jenis-Jenis Sawo

Sebelum mengulas manfaat buah sawo, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis sawo itu sendiri. Buah sawo memiliki 7 spesies, yaitu sawo manila (Achraz Zapota), sawo hijau (Chrysophillum Cainito), sawo hitam (Diospyros Digyna), sawo hitam (Diospyros Nigra), sawo kecik (Manilkara Kauki), sawo manila (Manilkara Zapota), yang masing-masing spesiesnya memiliki kerabat dekat sendiri-sendiri, misal: sawo hitam (Diospyros Digyna) berkerabat dekat dengan buah Semek (Diospyros kaki Thunb), Culiket (Diospyros malabarica (Descr.) Kostel.) dan buah mentega (Diospyros blancoi A. DC.), namun masih belum ada penelitian yang pasti apakah manfaat buah sawo satu dengan jenis yang lainnya berbeda.
keunikan tumbuhan sawo

Sebenarnya tak ada kriteria khusus mengenai lingkungan yang sesuai untuk ditumbuh suburi oleh tanaman sawo ini. Lingkungan yang berbeda tidak akan mempengaruhi manfaat buah sawo karena buah ini termasuk dalam tumbuhan yang mudah menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan baru, mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi (toh sawo baru akan matang dengan sempurna setelah dipetik, bukannya matang di pohon).

Di samping itu keunggulan tanaman sawo ini ialah ketahanannya terhadap kekeringan, praktis lima bulan musim kemarau. Pohon sawo sangat sesuai untuk daerah yang rawan erosi, hal ini dikarenakan akarnya cukup kuat menghujam ke tanah. Tanaman ini bisa dijadikan pilihan sebagai pajangan halaman rumah, karena kemampuannya untuk tumbuh di tempat yang tertutup maupun terbuka.

Manfaat Buah Sawo

Ibarat dari ujung rambut hingga ujung kaki, buah ini mulai dari kayu, kulit hingga biji sawo miliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Mari kita kelupas satu persatu:
  • Kayu
    Kayu dari tanaman ini sering digunakan untuk bahan perabotan rumah tangga dan patung atau ukir-ukiran, terutama kayu pohon sawo kacik. Namun kayu pohon sawo kurang bagus untuk dijadikan kayu bakar apalagi bahan bangunan.
  • Daun
    Daunnya pun memiliki struktur anatomi yang unik seperti manusia, memiliki costae (versi manusia: tulang iga, versi sawo: ibu tulang dari ujung hingga pangkal daun), epidermis atas, bawah, nervus lateralis, vena, dll. Daun sawo ini sangat bermanfaat untuk radang mulut.
  • Kulit
    Kulit sawo mengandung tannin, yakni suatu senyawa yang bermanfaat sebagai antimikroba (bakteri dan virus) sehingga dapat dipakai untuk menghentikan diare
  • Buah
    Inilah bagian yang paling disukai, rasa manisnya khas, yakni: manis masir (seperti ada pasir manis yang segar di dalamnya). Salah satu manfaat buah sawo ini adalah untuk mengobati diare atau mencret,
  • Biji
    Biji sawo mengandung saponin, yaitu suatu glikosida yang bagi tanaman itu sendiri bermanfaat sebagai penyimpan karbohidrat, atau merupakan wasteproduct dari metabolisme tumbuhan ini sendiri. Namun sayangnya saponin dapat menyebabkan sakit perut, tapi agaknya ada manfaatnya juga racun ini bagi kita, yakni sebagai pelindung terhadap serangan dan merupakan racun kuat untuk ikan dan amfibi.

Begitu banyak keunikan dan manfaat buah sawo bukan?!
so.. Mari kita lestarikan sebelum Beliau sang " sawo " bener-bener punah dari permukaan bumi ini.. Agar anak , cucu , Cicit sampai cicitnya cicit kita bisa terus menikmatinya .

TERIMA KASIH , sudah mau mampir ^_^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar